Rabu, 26 September 2012

Jepang Oh Jepang



Bikin blog tapi belum terisi, bingung akan posting apa. Tiba- tiba terpikir & kangen juga dengan negara ini. Sudah 2 hari ini thread di massenger FB dengan emak2 mantan "Oshin". Selama 2,5 tahun bertempat tinggal di negara ini tepatnya di kota Toyota dalam rangka menemani sang komandan yg di tugasi dari kantor.

22 Juni 2008 pagi akhirnya menginjakkan kaki di negara matahari terbit ini, dalam keadaan hamil 5 bulan & membawa seorang bayi berumur 7 bulan :). Awal membayangkannya sungguh repot dengan kondisi yang demikian, jauh dari saudara & tanpa asisten pula. Ternyata tidak sesusahnya yang di bayangkan, malah saya ingin kembali merasakan tinggal di negeri tersebut. Mungkin ga yaaaa???hehe

Dengan pesona alam yang begitu memikat (walaupun hanya secuil bagian Jepang yang indah yang pernah di nikmati sih) dan beberapa poin lagi yang membuat saya terkadang kangen dengan negeri yang dulu nya menjajah Tanah Air ini.

Beberapa hal tentang Jepang yang tidak bisa saya lupakan dan saya ingin merasakannya di Tanah Air :

  1. Negara yang sangat menjunjung tinggi budaya antri dan tepat waktu. Masyarakat Jepang sangat malu bila tidak mengantri. Yang bikin takjub, mengantri untuk toilet umum pun terjadi begitu rapinya. Mereka berbaris rapi dalam antrian. Untuk hal tepat waktunya, jadwal kereta, bis atau pun yang menggunakan jadwal selalu tepat waktu, telat berarti harus menunggu jadwal berikutnya.
  2. Negara yang sayang ibu dan anak. Untuk kontrol kehamilan, bumil di bagikan kupon gratis. Begitu pun dengan anak2, imunisasi gratis, begitu pula rawat jalan gratis. Belum lagi tunjangan untuk anak-anak per bulannya.O iya untuk ibu melahirkan pun dapat tunjangan, karena negara Jepang mengalami kekurangan generasi muda, maka ibu melahirkan malah di beri tunjangan :).
  3. Negara yang bersih dan aman. Selain kondisi lingkungan yang tidak terlihat sampah berserakan , mereka pun memiliki sistem pembuangan sampah yang OK. Pemisahan sampah basah, plastik,botol plastik,botol kaca,listrik serta perabot rumah tanggga. Ketika jadwal pembuangan sampah basah pun tidak menimbulkan bau yang tidak sedap ketika kita melewati garbage station.
  4. Sangat nyaman ketika kita mengurus berkas-berkas kependudukan di pelayanan publik pemerintahannya. Pasti akan selesainya urusan kita serta tidak adanya pungli :)
  5. Kuliner nya yang menggoda, walaupun ga bisa di konsumsi semua untuk muslim. Yang pasti ketika kita menanyakan bahan-bahan yang terkandung dalam makanan maka pelayan restoran akan memberitahu dengan jujur, even cuma sedikit yang di pakai.
  6. Nah untuk poin terakhir kalo lagi SALE...duuuuhhhh ampuuuunn...menggodaaaa...karena harga bener-bener murah, terkadang kita kurs kan ke rupiah pun masih murah dan kita tidak perlu ragu tentang keoriginalan barang yang ada, Jepang tidak mengenal sistem KW....
Poin-poin diatas tersebut mungkin hanya sebagian kecil yang saya paparkan. Terkadang si sulung yang sering berkata "kakak kangen Jepang", nah untuk kuliner anak-anak saya sampai sekarang masih OK aja dengan Japanese food.

Tapi betapa pun saya sangat tertarik ingin tinggal kembali di Jepang :D, tapi tanah air merupakan tanah terbaik tempat kembali, terutama dengan kekayaan alam serta kuliner nya. Karena saya masih harus terus belajar dan belajar dalam hal masak memasak yang menjadi hobi serta kewajiban saya sebagai istri dan ibu yang di tuntut harus selalu bisa menghadirkan masakan sehat untuk keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar