Selasa, 04 November 2014

Hadapi dan Jalani

Dari judul sepertinya tulisan ini berbau yang "berat-berat" ya..ga kok ga berat, karena saya bukan seorang penulis handal hihihi. Saya ingin sharing aja sebagai ibu baru, bukan baru menjadi ibu yaa tapi baru menjadi ibu yang anaknya duduk di Sekolah Dasar  (SD) dengan kurikulum baru yang berjudul  Kurikulum 2013.

Seperti ibu2 yang laen ketika anaknya akan memasuki fase Sekolah Dasar agak-agak salah tingkah gitu ya :). Dari yang tes masuk SD dsb dsb.Tahun ini untuk masuk SD sudah tidak ada tes CaLisTung (Baca, Tulis, Hitung). Tapi yaa sebelumnya denger gosip2 kalau SD itu memakai kurikulum baru yang katanya semua pelajaran jadi satu tema, kurirkulum tematik.

Pertama kali melihat, membaca buku pelajaran & menemani si kakak belajar maka terlontar "oo gini toh, jadi  ini termasuk matematika, ini PPKN, ini olahraga, ini kesenian". Tapi di sisi laen ada kata yang terlontar..."wiiih ini pelajaran kelas 1??" kayaknya dulu ga gini2 amat deh. Ulangan harian sudah di beri lembar soal. Nah kalo begini berarti si anak kudu wajib harus bisa baca kan ya?? :D. Atau ada yang terlontar anak kelas 1 sudah mengenal bangun ruang, grafik?. Itu di awal-awal lho. Selalu aja membandingkan dengan tahun jebot sang emak ketika SD kelas 1 tahun 1986.

Mengikuti sharing di sekolah, sang guru mengatakan "kurikulum 2013 itu tidak menyeramkan ibu2, asal kitanya sebagai orang tua juga tidak ketakutan serta bisa menjadi partner si anak, karena anak itu lebih banyak waktunya di rumah di banding di sekolah". Daaaan yang lebih menohok itu ketika itu sesi motivasinya bang Jaja ketika BigOOM nya SBN, yang mengatakan bahwa mental block yang membuat orang susah untuk berubah adalah "selalu membandingkan keadaan masa lalu dengan masa kini".

Iiih sejak itu saya akhirnya cuma bisa berjanji dalam hati untuk selalu menemani masa-masa sekolah anak-anak, tidak mau merasa terbebani, merasa tidak tau saya coba ubek2 mbah google atau sharing dgn suami. Untuk SD kelas 1, ada 8 tema. Sekarang ini si kakak akan memasuki tema 4 "KELUARGAKU".
Ga mau ke dalam kategori orang-orang yang susah berubah ;). Daaan yang lebih membuat saya tenang adalah sang anak merasa enjoy saja tuh menjalani hari-hari sekolahnya, yang bisa terlihat dari hasil UTS kemaren yang Alhamdulillah hasilnya memuaskan :). Masa anaknya PD emaknya ga PD sih???harus lebih PD ah dari anak. Daaan yang lebih enjoy itu di buku pelajaran itu selalu ada lagu anak-anak yang anak-anak di sini belum pernah mendengar. Ketika lagu anak-anak2 saya coba senandungkan anak-anak mendengarkan dengan seksama serta bengong karena saura sang emak yang nggak banget hehe..tapiii mereka bisa berkomentar lho "iih bunda kok bisa sih nyanyiin nya".  Jawab saja' "lah itu kan lagu waktu bunda kecil juga" hehe.. Dari situ kan kita secara tidak sengaja memperkenalkan lagu-lagu anak-anak yang sudah tidak terdengar lagi di masa sekarang.

Jadiii harus semakin PD untuk menjalani hari-hari. Secara tahun depan InshaaAllah sang adek pun akan memasuki fase SD. Ibu-ibu yang sama seperti saya yuuk ah kita senyum, hadapi & jalani. Siap mengantar sukses anak-anak kita yaa.. SEMANGAT..

NB: Maaf fotonya gelap karena  foto buku-buku tematik si kakak, di foto ketika malem menjelang tidur, agar tidak di tanya "buat apa buku kakak di foto bun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar